Phuket, Thailand (Part 2)

Day 2

Hari ini kebangun jam05.30 am, liat di jendela msh gelap en blm pd bangun yg laen, so aku tidur lagi hehe… Baru bangun lagi pk 06.30 am. Kita buru2 mandi dan langsung siap2 perlengkapan buat one day tour to James Bond Island coz orang tour-nya bakal jemput kita jam 08.00 am. Dan bener aja pas pk 08.00 am orang dari tour-nya udah sampe guest house kita, untungnya kita udah standby di teras guest house. Naiklah kita ke mobil travelnya. Kita sebagai jemputan kloter 1 krn stlh jemput kita, mobil travelnya lanjut jemput 2 kloter peserta lagi di 2 hotel berbeda juga. So, total perjalanan penjemputan peserta sekitar 15 menitan sendiri krn lokasi penginapannya jauh2. Setelah acara jemput-menjemput kelar, berangkatlah kita ke basecamp kapal2 laut city tournya di pantai. Aku pikir udah deket dari tempat penjemputan terakhir coz udah deket pantai gitu. Ternyataaaa… masih hrs menempuh perjalanan sekitar 30menit sendiri menuju pantai tempat kapal2 itu bersandar. Wew… sampe ketiduran gitu kita kelamaan di jalan.

Begitu sampe di pelabuhannya, bangunlah kita dengan mata sepet hihihi… Di sepanjang pinggiran pantainya situ banyak kios yang menjajakan atribut pantai yang lucu2 tapi lumayan mahal, seperti topi dengan aneka model, sunglass, dll. Di pinggir pantai,kita lgs dibagikan stiker sbg penanda/pembeda antar kelompok yg notabene beda kapal juga. Setelah dibagikan stiker, kita ramai2 jln menuju pos pinggir pantai untuk naik angkutan khusus ke tengah laut tempat perahu2 besar itu bersandar. Angkutannya berupa truk besar (seperti truk tentara di Jkt dgn 3 jalur tempat duduk tipe angkot), jadi muat banyak org sekali angkut.

Setibanya di dekat kapal2 besar yg sedang bersandar, kami diarahkan utk menuju ke salah satu kapal berukuran sedang bertingkat dua yang akan menjadi transportasi kami selama fullday trip ini. Kapal ini kira-kira bisa menampung 50 orang turis beserta sekitar 20 orang awak kapalnya.

Setelah semua peserta naik ke kapal dan para awak kapal standby, berangkatlah kapal kami memulai perjalanan full day trip hari ini. Perjalanan dimulai dengan disajikannya camilan (kue kering isi nanas) & buah jeruk sebagai pembuka di atas kapal, beserta softdrink untuk tiap peserta. Perjalanan kali ini pesertanya terlihat full body nih.. alias full kurang lebih terisi 50 orang peserta. Perjalanan dimulai dengan opening speech dari crew kapal. Rata2 crewnya usia muda semua kisaran 20thn. Tapi ternyata, ada juga yg sudah berumur (bapak2).

Kita melakukan perhentian pertama untuk canoeing setelah melaut selama -/+ 1jam, dimana tiap canoe muat 2 peserta + 1 orang crew yg mendayung. Lupa namanya pulau apah. Viewnya bagus banget, melewati gua yg banyak stalagtit & stalagmitnya, dan menuju ke danau air laut di ujung gua. Alami dan asik bgt deh….

Setelah puas keliling dgn canoe -/+ 15menit, kita lanjutin melaut lagi. Setelah -/+ 30menit, kapal berenti lagi dan kita ber-canoe lg ke sebuah gua dengan danau di dalamnya, serta melihat kumpulan monyet yg menyambut kami di depan mulut gua. Yg lucu adalah monyet2 disitu tidak takut dgn air, malah bs dibilang lumayan pintar renang. Dikasih waktu sekitar 15 menit lagi.

Kemudian,kita melanjutkan lagi perjalanan melaut selama -/+ 30menit, dan berhenti di suatu lokasi dimana kita bisa mendekat ke daratan/pantai kecil untuk berenang, dan atau apabila ingin ber-canoe mendayung sendiri bisa juga. Aku dan ibu2 pada menuju pantai utk coba berenang di pinggir lautnya. Enak dan seger deh air lautnya, mana air lautnya jg tidak terlalu asin. Rasa air lautnya seperti air payau, jadi kalau berenang tanpa kacamata renang pun mata tdk terlalu perih. Dikasih waktu buat renang sekitar 15menit lagi.

Setelah selesai berenang dan bermain air, kita kumpul kembali di kapal untuk lunch bersama secara prasmanan. Uenaknyaaaa….abis cape berenang dan perut terasa lapar, lgs dihidangkan makanan2 lezat utk lunch nyam2….^_^ Menunya ada ayam goreng, ikan asam manis, sup tomyam, dll. Dessert-nya buah. Enak2 semua. Pokoke kuenyang poll mantab ^_^

Next, finally kita melanjutkan perjalanan menuju lokasi utamanya, yaitu James Bond Island. Akhirnyaaaaa……yg ditunggu-tunggu. Ternyata utk sampai ke James Bond Island hrs memakai perantaraan perahu yg lbh kecil, krn kapal kami tidak bs mendekati darat krn terlalu dangkal. Setelah menaiki kapal yg lbh kecil, sampailah kami di James Bond Island. Kami disambut dengan jajaran beberapa penduduk pulau setempat yg berjualan aneka  souvenir khas Phuket Island dan James Bond Island yg tdk akan Anda temukan di tempat lain manapun di Phuket / Thailand. Jadi, harus  sempatkan diri berburu souvenir khas Phuket & James Bond Island disini. Harganya murah2 kok dan kualitas barangnya jg bagus.

Setelah melewati aneka pedagang souvenir, kita akan melewati sebuah batu besar yg memiliki lubang guanya yg sangat besar, dan bnyk dijadikan sbg objek utk foto oleh turis2. Berjalan lbh jauh lagi, maka kita akan melihat lambang dari James Bond Island yg terkenal itu (batu karang besar yg terlihat seperti mengambang dr kejauhan). Berfoto-fotolah kita disitu.

Sangat disayangkan kita hanya diberikan waktu selama 30 menit utk mengelilingi James Bond Island tsb. Padahal masih ada jln menanjak yg belum kami lewati dan ketahui kemana tujuannya. Selain itu, di sisi lain kami semakin dikejar waktu krn akan merapat perahu kecil lain yg mengangkut peserta tour lainnya. Akibatnya, aku hanya sempat membeli souvenir magnet kulkas saja sambil terburu-buru. Untungnya msh sempat belanja souvenir, krn dua temanku (Mba nida & Mba Dian) tdk sempat berbelanja oleh2 dan menyesal kemudian begitu tau souvenir di James Bond Island eksklusif (tdk tersedia di tempat lain).

Selesai dari James Bond Island, selesai pula semua tujuan trip kami hari ini. Di sepanjang perjalanan pulang menuju ke dermaga asal, kami mendapat suguhan hiburan “live show” dari beberapa orang crew kapalnya (ABK). Mereka menampilkan atraksi break dance, lipsing, sulap, bahkan sampai aksi “lady boy” jadi2an pun ada. Sangat atraktif dan menghibur sekali, terlebih kalau mengingat mereka semua pasti sangat lelah setelah seharian ini menemani perjalanan kami dari awal, mendayung canoe beberapa kali disaat trip tadi, serta menaik-turunkan jangkar / tali saat kapal merapat di setiap lokasi trip, dan mempersiapkan makanan+minuman untuk kami semua. Ternyata semua rasa lelah tersebut tidak mereka hiraukan, malah mereka terlihat sangat bersemangat sekali ketika menghibur perjalanan pulang kami.

Dan hiburan pun berakhir ketika kapal kami merapat ke dermaga. Selesailah sudah seluruh perjalanan trip satu hari kami. Sedih rasanya harus selesai acaranya, para crew (ABK) pun terlihat sedih saat berpisah dengan kami semua peserta trip kali ini. Mereka seperti sudah menganggap kami seperti sahabat baru mereka.

Turun dari kapal, kami kembali menuju mobil travel yang tadi pagi mengantar kami kesini. Setelah semua peserta di mobil travel masuk, berangkatlah mobil kami untuk mengantar balik kami ke hotel masing2. Dan ternyata, rombonganku adalah yang pertama diantar ke hotel. Surprise jg sih secara kami pikir kami adalah rombongan terakhir yang diantar hehehe….. Untung juga yg pertama sampe hotel, jd lbh banyak waktu yg tersisa utk jalan2 malam lagi hehe…

Sesampainya di hotel, badan berasa rontok semua, pegel2, tapi senengggg banget. Kami betiga merasa have fun banget. Masuk kamar langsung rebutan mandi buat siap2 makan malam+jalan2 lagi. And you know what?! Kita pada heboh pas liat badan masing2 pada belang gituh akibat kejemur tadi seharian hahaha…

Setelah semuanya kelar mandi, kami bertiga langsung bersiap dan jalan menuju resto kaki lima yang mendadak jadi langganan kami. Letaknya tidak terlalu jauh dari hostel tempat kami menginap, masih di jalan yang sama.

Sore ini (sekitar pk 18.30 waktu setempat) kami bertiga memilih menu makan malam yang sama, yaitu duck hainan rice with vegetables. Dengan tambahan toping daun bawang dan sambal cairnya yg khas rasanya so…delicious. Pokoke ga kalah enak sama nasi hainan made by chinese people lah… Padahal resto pinggiran ini yang punya muslim Thailand, yang pasti semua masakannya berjudul HALAL! Tapi rasanya ga kalah maknyus ^_^ Trus yang asiknya lagi, makan di pinggiran gini minumnya gratis loh kalo cuma minum air / teh tawar ajah.

Setelah selesai dinner, kita melanjutkan jalan2 untuk berburu oleh-oleh dan souvenir lagi, plus beli titipan Mba Ika juga yang ga ikutan pergi.Tujuan pertama adalah “Pasar Bringhardjo”-nya Phuket (= souvenir market). Kita balik lagi kesitu karena area toko souvenir paling lengkap di Phuket (terdekat dengan hostel dan murah). Belanja belanji macem2, mulai dari baju kaos, celana panjang unik warna bunglon, celana & rok khas Thai dengan motif krincing2 bel gitu, silk-thai pasmina, magnet & gantungan kunci ala Thai, sampai tas motif gajah yg khas Thai yg digandrungi banyak orang.

Tujuan selanjutnya adalah toko souvenir pinggiran alias kaki lima yang ramai berjualan di sepanjang Jalan Rat-Uthit menuju Bangla Road. Kalau kata orang Thai “very cheap, cheap lah…”. Memang bener apa kata orang Thai, kaki lima disini harganya murah-murah, tapi kita harus pintar tawar menawar juga biar harganya makin murah. Malah kami sudah punya toko favorit di salah satu kaki lima situ saking lumayan lengkap+harganya miring pula hahaha…. Malah pas hari kedua ini, si ibu yg punya tokonya memberikan tawaran harga sangat murah ke kita kalo ambil barang dua atau lebih krn sudah akrab dgn kami horeee….. Parah juga kalo dipikir2, udah bawa tentengan banyak dari souvenir market, jln lagi belanja di kaki lima dan nambah tentengan pula. Jiahhh….gubrak!!! hahaha… begitu kelar semua aktifitas belanja, baru dah ngerasain capek dan sakitnya tangan bawa tentengan banyak dan berat wew…

Mana kelar belanja kami lanjut lagi jalan2 ke Bangla Road demi melihat aksi para “Lady Boy” yg menjadi ciri khas Phuket. Masih penasaran mau lihat aksi Lady boys yang full make-up ala cabaret show gituh. Untungnya tonight cuacanya bagus (cerah), jadi kami berhasil melihat beberapa orang lady boy dengan costum cabaret show beraksi ketika waktu sudah menunjukkan pk07.00 mlm waktu Thai. Asli!!! Kami bertiga sampe terkagum-kagum sama costum dan make-up mereka yang kinclong abiz… Tapiiiii, be careful guyz if u want to take a picture of those “Pretty Lady Boys” because you must to pay it first.  Jadi hati2 kalo mau foto si Lady Boy secara candid jgn sampe terlihat oleh mereka atau “maminya”. Kalo sampe ketahuan mereka, kalian langsung disamperin dan ditagih uang fotonya loh!!! Hati2… lady boy kalo marah galak loh hehe… Untungnya aku foto candid mereka ga ketahuan hehe. Tapi kurang bagus sih hasil candidnya, secara kudu ngumpet di balik keramaian dulu hehe… Fyi, kalo mau foto bareng lady boy yg resmi alias berbayar, kita harus mengeluarkan uang sebesar +/-30THB per 1 lady boy. Jadi kalo kita mau foto dengan dua lady boy, harus bayar 60THB. Mahallll….!!!

Setelah puas liat aksi para lady boy di Bangla Road, akhirnya kami jalan kaki pulang juga balik ke hostel dengan banyak kantong belanjaan di tangan. Begitu sampe di hostel, semua bergumam: “fiuhhhhhhh…..!!! sampe juga.” Soalnya berat banget bo belanjaan kita. Udah gitu berkantong-kantong pulak hehe…. Begitu sampe kamar hostel langsung pada lempar barang, lempar badan, lempar sepatu, lempar semuanya hahaha….. Top banget dah!!! Pegelnya puolll…..

Begitu kelar beberes dan packing karena besok subuh (pk 06.00 am waktu SG) sudah harus boarding, kita langsung pada tidur dengan tidak lupa menyetel alarm pada HP masing2 biar bangun haha…. Waktu menunjukkan pk 00.30 am, dan kami harus bangun pk 04.00 am untuk mandi dan siap2 sebelum dijemput supir taksi pesenan menuju Airport Changi. Taksinya dijadwalkan akan tiba di hostel kami pk 05.00 am.

Ternyataaaaa… saking kami bertiga pada kecapean dan kelelahan, maka saat alarm HP pada berbunyi tidak ada satupun dari kami yang mendengar dan terbangun. Bahkan yg lebih parahnya adalah ketika si supir taksi sudah tiba di depan hostel kami, kami bertiga masih terlelap di kamar hahahaha…. gubrak! Si supir taksi malah sampai harus mengetok (tepatnya menggedor) pintu kamar kami sampai beberapa kali sampai Mba Nida terbangun. Yang lebih parahnya adalah, dari kami bertiga, yg mendengar si supir taksi menggedor pintu hanya Mba Nida, sementara aku dan Mba Dian msh terlelap dengan pulasnya huahahahaha….^_^ Padahal posisi tidur kami itu Mba Dian berada paling deket jendela yg menghadap ke lobi hostel. Mba Nida tidur di ranjang tengah, dan aku tidur di ranjang yg paling deket dengan pintu yg digedor si supir taksi (jiahhhh… -__-). Brarti parah bgt aku tidurnya yak?! hihihi…

Baru setelah Mba Nida buka pintu dan terkaget-kaget krn si supir taksi yg nongol, aku terbangun. Tepatnya aku terbangun krn mendengar suara cemprengnya Mba Nida sih (hehe…pisss). Tapi eh tapi, ternyata msh lebih parah Mba Dian krn dia msh blm bangun jg kalo ga dibangunin sama Mba Nida dengan suara khasnya setelah itu hahaaha…. Gubrak dah nih tiga cewe tukang jln ckckck…. Untungnya si supir taksinya sabar dan baik hati, jd dia mau nungguin kita yg lgs grabak grubuk beberes kilat dan ga pake mandi lg huahahahaha… Kami cuman cuci muka dan sikat gigi asal ajah biar mulut ga bau hehehe…. Pokoke total kita beberes terakhir kilat itu +/- 15 menitan. Bagi kami waktu segitu msh kurang dan express bgt, tapi bagi si supir yg nungguin kami bisa jd masalah dan amarah tuh (maap pak, ampun pak…. bukan mksd sengaja bangun telat kok…). Luckily, si supirnya sabar menunggu hehe…

So, begitu kita masuk taksi, dia lgs ngebut tuh supirnya lewat jalan highway-nya Singapore juga yg masih sepi. Selama di dalem taksi jg kami bertiga pada merem2 terus krn msh ngantuk banget. Untung jalanan masih pada sepi (subuh2 di hari Minggu sih), jadi si supir bisa ngebut ke Airport, dan kira-kira pk 05.40 kami sudah tiba di Airport Changi siap untuk check-in. Kami bertiga sampe ga enak hati sama si supir. Akibat kami telat bangun, dia jd harus ngebut di jalanan. Kami sampe minta maaf berkali-kali juga sama si supirnya hehehe… Setelah cari2 gatenya, ketemu jg counter AirAsia. Untungnya lagi, masih banyak yg antri check-in utk flight kami. Amannnn….

Fiuhhhhh….. bener2 pengalaman yang gila dan bodoh banget kalo diinget-inget heheehe… Sampe sekarang ajah kalo ketemu lg ngomong soal traveling kami suka ketawa bertigaan kalo inget kejadian itu. Aseli!!! Parah bangetz….. Makanya kami berencana kalo trip bareng lagi mau tidur / nginep di bandara ajah kalo dapet tiket pulangnya flight pertama (subuh/early morning) biar at least ga ketinggalan pesawat krn pasti ga bisa tidur nyenyak kan hehe…. Maluuuuuuu banget dah…..