Bacpacker Trip Tips

MENGAKU senang traveling ala backpacker? Jika ingin bepergian menantang ala backpacker,  yuk ketahui tip berwisata murah berikut.

Untuk mengetahui cara berburu tiket murah, naik angkot, menumpang truk, tidur di bandara atau terminal, berikut beberapa tip berlibur ala turis ransel.

Tukan destinasi atau tempat tujuan

Ini menjadi patokan bagi Anda ketika ingin bepergian. Sebaiknya, pilih negara atau kota yang sering menjadi tujuan para backpacker. Destinasi terbaik adalah kota yang tingkat keramahannya paling tinggi.

Cari tahu kota tujuan wisata Anda

Sebaiknya Anda mencari tahu informasi ini di internet, buku, atau majalah. Ini dilakukan untuk memudahkan Anda mendapat keamanan, transportasi, lokasi wisata, penginapan, event, dan akomodasi selama di sana. Jangan sampai Anda bepergian tanpa adanya pengetahuan tentang kota yang akan dituju.

Sebaiknya Anda memanfaatkan situs-situs direktori hotel yang sering memberikan penawaran menarik. Dengan voucher maupun promo yang sedang digelar, dengan begitu Anda bisa menghemat akomodasi hingga 70 persen untuk biaya hotel dibandingkan check-in langsung di hotel.

Persiapkan dokumen wajib dibawa

Ada beberapa barang bawaan kecil yang mungkin sepele, tapi sangat dibutuhkan bila Anda bepergian, seperti paspor, visa, NPWP (untuk mendapatkan bebas fiskal), KTP, dan beberapa dokumen tanda pengenal lainnya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan..

Untuk visa, bila Anda ingin bepergian ke luar negeri, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apakah negara yang akan dituju mewajibkan Anda miliki visa resmi dari kedutaan (yang harus diurus di kantor kedutaan negara bersangkutan), atau memakai visa on arrival (yang bisa diurus di bandara atau di negara yang Anda kunjungi).

Tentukan waktu tepat untuk backpacker

Jangan sampai Anda berangkat tidak memperhitungkan dengan cermat dan membuat wisata Anda percuma.

Sebaiknya Anda mencari tiket dari maskapai-maskapai yang sedang promo sehingga meminimalisir pengeluaran.

Jangan bawa barang berlebihan

Untuk pakaian sebaiknya membawa maksimal lima kaus, dua celana panjang dan pendek, serta satu jaket.

Hindari membawa barang yang tidak diperlukan seperti piranti elektronik yang tidak perlu (laptop, HP lebih dari satu, tas lebih dari satu). Sebaiknya Anda cukup membawa MP3/Ipod, kamera saku, dan tas kecil untuk menyimpan dokumen. Intinya jangan menambah beban tas Anda untuk hal-hal yang tidak perlu.

Siapkan dana cadangan di tempat terpisah, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, kartu ATM untuk keadaan darurat.

Bawalah selalu peta atau travel guide yang bisa Anda ambil saat tiba di bandara Negara tujuan atau kota tujuan.

Hindari membeli cinderamata berlebihan hal-hal tidak perlu

Atur jadwal Anda mengunjungi tempat-tempat menarik, dan eksotik di hari pertama, kedua, dan hari selanjutnya. Jangan sampai Anda lewatkan semuanya. Manfaatkan waktu sebisa Anda.

Catat selalu pengeluaran, cerita perjalanan, untuk berbagi pengalaman kepada teman dan keluarga. Selain itu, dokumentasikan perjalanan Anda sebagai bukti perjalanan Anda.

 

(Berbagai sumber)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: