Berapa Budget utk Liburan ke Hong Kong

Hong Kong menarik perhatian turis dari berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Wisatawan bisa menyambangi Ladies Market, Ocean Park, sampai Big Buddha. Tapi kalau mau ke Hong Kong, butuh duit berapa sih?

Tak jarang traveler asal Indonesia yang ingin berkunjung ke Hong Kong. Betapa tidak, Hong Kong punya beragam tempat wisata yang tersohor di dunia, termasuk Disneyland dan Ocean Park. Sebelum memesan tiket ke Hong Kong ada baiknya Anda membuat perencanaan bujet selama liburan, termasuk menyiapkan uang.

Memangnya berapa sih uang yang dibutuhkan untuk liburan ke Hong Kong? Ikuti penelusuran detikTravel, Kamis (6/9/2012).

Mulailah dari pemesanan tiket pesawat. Ada berbagai pilihan maskapai dari Bandara Soekarno-Hatta ke Hong Kong International Airport. Ada Garuda Indonesia, AirAsia, Malaysia Airlines, Thai Airways, Cathay Pacific, Singapore Airlines, China Airlines, Korean Air, Phillipine Airlines, Jetstar dan Valuair.

Bagi backpacker, budget airlines adalah pilihan yang tepat. Untuk perjalanan pergi-pulang ada AirAsia (Rp 3,2 juta), Jetstar (Rp 3,1 juta) dan Valuair (Rp 3,1 juta). Selain itu ada Garuda Indonesia dan Malaysia Airlines (Rp 4,6 juta), Cathay Pacific (Rp 8 juta), Emirates (Rp 12 juta), juga Lufthansa (Rp 19,4 juta). Harga tiket tinggal ditambah Rp 150.000 untuk airport tax di Bandara Soekarno-Hatta.

Setibanya di Hong Kong, hal yang pertama dicari pastilah hotel. Untuk tiba di Hong Kong Island, naiklah Airport Express menuju pusat kota seharga HKD 120 (Rp 147.000). Setibanya di Stasiun Hong Kong, Anda bisa lanjut naik taksi atau MTR (Mass Transit Railway) menuju hotel.

Pilihan akomodasi ada di tangan Anda. Hotel-hotel bertebaran di Hong Kong, mulai dari bintang 5 sampai hostel ala backpacker. Anda yang punya cukup bujet bisa menginap di Four Seasons Hotel, Mandarin Oriental, dan beberapa hotel bintang 5 lainnya dengan harga sekitar USD 550 (Rp 5,2 juta/ malam).

Kalau tak mau merogoh kocek terlalu dalam, bisa menginap di Distrik Jordan. Hotel termurah yang direkomendasi situs Tripadvisor adalah Hop Inn (USD 62 atau Rp 600.000/ malam). Selain itu ada pula Hotel ICON (USD 241 atau Rp 2,3 juta/ malam). Mayoritas harga hotel di Distrik Jordan adalah HKD 300 (Rp 360.000/ malam).

Bujet selanjutnya adalah untuk makan. Di Hong Kong, makan agak mahal alias merogoh kocek cukup dalam. Di warung makan pinggir jalan, harga satu menu makanan saja sekitar HKD 30 (Rp 36.000). Kalau makan di restoran harganya mencapai 2 kali lipat. Untuk minuman, berkisar antara HKD 9-15 (Rp 11-18 ribu).

Berkeliling Hong Kong akan lebih mudah menggunakan MTR. Anda hanya perlu merogoh kocek HKD 150 (Rp 180.000) untuk keliling Hong Kong seharian dengan kartu Octopus! Ada beberapa tempat yang wajib disambangi seperti Victoria Peak, Ocean Park, Causeway Bay, Avenue of Stars, Big Buddha, sampai Ladies Market saat malam tiba.

Tiket untuk masuk ke Ocean Park adalah HKD 280 (Rp 350.000), namun sangat layak dikunjungi. Pantauan detikTravel saat berkunjung ke Hong Kong beberapa hari yang lalu, Ocean Park punya beragam wahana dan atraksi binatang juga air terjun menari menjelang malam. Beberapa tempat seperti Causeway Bay, Victoria Park, Tsim Sha Tsui Promenade, dan Ladies Market bisa didatangi tanpa tiket masuk.

Lalu, berapa harga total untuk liburan di Hong Kong? Misalnya, Anda menghabiskan waktu 4 hari di sini (pantauan detikTravel, 4 hari adalah total waktu yang pas untuk keliling Hong Kong). Pertama, mulai dari tiket PP maskapai AirAsia ditambah airport tax sekitar Rp 3,3 juta. Airport Express dari dan menuju Hong Kong International Airport total Rp 300.000.

4 Hari menginap di hotel seharga HKD 300/ malam total sekitar Rp 1,5 juta. Makan dan minum selama 4 hari (pagi-siang-malam) dengan bujet HKD 80 sekali makan, totalnya Rp 1,1 juta.

Berkeliling Hong Kong menggunakan MTR selama 4 hari totalnya HKD 600 atau Rp 740.000. Biaya masuk ke berbagai tempat wisata termasuk Ocean Park, taruhlah total HKD 400 atau sekitar Rp 500.000.

Jadi untuk liburan di Hong Kong, uang yang Anda butuhkan adalah sekitar Rp 6,7 juta. Ingat, totalnya 4 hari liburan dan berlaku untuk 1 orang. Bujet ini bisa lebih murah lagi kalau Anda menginap di hotel backpacker dan mengurangi kunjungan ke destinasi berbayar. Anda masih bisa menghemat bujet sebesar 16 persen, atau bahkan lebih.

Kalau Anda traveling bersama keluarga atau teman, Anda bisa menyiasati pengeluaran. Salah satunya adalah dengan berbagi kamar sehingga meminimalisir pengeluaran. Selamat liburan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: