Menjelajah Hong Kong? Ini Ragam Transportasinya

Beragam transportasi di Hong Kong akan memudahkan para traveler yang ingin menjalajah kota tersebut. Mulai dari trem, MTR hingga ferry. Apa saja jenisnya? Yuk cari tahu!

detikTravel menjelajah Hong Kong pada 28 Agustus – 1 September 2012 lalu. Hong Kong sudah punya moda transportasi yang beragam dan memudahkan traveler untuk berkeliling negeri asal Bruce Lee itu. Berikut adalah alat transportasi yang tersebar di Hong Kong:

1. Airport Express

Setelah turun dari pesawat, tentu Anda butuh kendaraan untuk mengantar ke pusat kota. Coba gunakan Airport Express yang akan membawa Anda ke pusat kota hanya dalam waktu 24 menit. Kereta cepat yang melewati 3 pulau sekaligus ini menawarkan pengalaman berbeda dalam naik kereta. Dengan HKD 120 (Rp 140.000) per orang, Anda bisa duduk nyaman sambil internetan gratis karena ada wifi di sana selama 24 menit. Setiap 10 menit, kereta ini akan datang dan mengantar penumpang ke 3 pulau antara lain Tsing Yi, Kowloon dan Hong Kong.

 

 

 

2. Trem

Sebuah transportasi tua masih berjalan dengan lancar di Hong Kong. Dari tahun 1904, tram sudah berjalan di kota ini. Dengan lintasan dan kabel listrik sendiri, tram mengantar penduduk dan turis yang ingin menikmati Hong Kong dari atas kendaraan.

Hanya dengan membayar HKD 2,30 (Rp 2.800)sekali naik, Anda bisa turun di halte mana saja karena harga dipukul rata. Kendaraan tingkat ini memiliki kecepatan yang cukup rendah sehingga memudahkan para turis untuk mengambil foto atau menikmati kesibukan Hong Kong. detikTravel pun puas menikmati pemandangan dari Quary Bay hingga North Point dari atas trem pada minggu lalu.

 

 

3. Kapal Ferry

Yang tak kalah epik dari trem adalah kapal ferry. Star Ferry memiliki dua warna yaitu hijau putih atau warna-warni. Hanya dengan membayar tiket seharga HKD 2,50 (Rp 3.000) detikTravel menyeberang dari Central ke Tsim Sha Tsui. Tidak lama, hanya 4 menit dan sampailah di pulau seberang. Meski sebentar, menikmati angin laut dan pemandangan kota dari atas kapal memberi pengalaman yang berbeda.

 

 

 

4. MTR

Setelah mencoba naik trem dan ferry, jangan lupa naik MTR (Mass Transit Railway). Menurut info yang didapat dari pemandu wisata lokal, Carolus Chui, kini sudah ada 82 stasiun yang tersebar di seluruh Hong Kong. Ada 9 jalur yang bisa Anda pilih antara lain Kwun Tong, Tsuen Wan, Island, Tung Chung, Tseung Kwan O, East Rail, West Rail, Ma On Shan and Disneyland Resort lines.

Belasan mesin tiket seperti ATM berjejer rapi menjadi loket otomatis. Pertama, pilih stasiun yang ingin Anda tuju dengan membaca jalur yang tertera di layar. Setelah memilih, mesin akan menghitung harga tiket yang harus dibayar dan Anda tinggal memasukkan uang koin atau kertas sesuai dengan harga tiket. Tak lama, tiket akan keluar termasuk uang kembalian jika memang ada.

Ada dua jenis tiket MTR yang bisa dipilih. Anda bisa beli tiket yang berlaku seharian atau sekali jalan. Jika ingin menjelajah kota, ada baiknya Anda memilih tiket seharian seharga HKD 150 (Rp termasuk dengan uang jaminan HKD 50 (Rp 62.000) yang akan dikembalikan setelah selesai memakai kartu. Sedangkan harga tiket bervariasi bagi sekali perjalanan, tergantung jauh dekatnya tujuan.

 

5. Taksi

Beda lagi ceritanya jika ingin langsung ke tempat tujuan tanpa harus jalan dari stasiun ke stasiun. Untuk perjalanan terburu-buru, Anda bisa menggunakan Taksi, mobil sedan Toyota bermuatan 5 orang. Taksi ini berbeda warna tergantung wilayah operasi, yaitu berwarna putih merah di Pulau Hong Kong, putih biru di New Territories atau putih hijau di Pulau Lantau. Tarif awal saat ini adalah HKD 20 (Rp 25.000). Ingat, jangan lupa memakai sabuk pengaman ya, karena peraturan di kota itu sangat ketat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: