Maskapai Murah dengan Makanan Paling Lezat di Eropa

Maskapai murah, bukan berarti makanannya murahan. Beberapa maskapai bujet di Eropa punya makanan paling lezat di kelasnya. Beberapa maskapai bahkan menyuguhkan menu berbeda, mulai dari sarapan sampai makan malam.

Situs booking Skyscanner pernah melakukan survei, maskapai-maskapai bujet Eropa apa saja yang punya makanan lezat. Skyscanner melibatkan 550 traveler dan blogger untuk studi kualitas makanan di beberapa maskapai bujet. Makanan di pesawat budget tentu saja didapatkan dengan biaya tambahan, namun terkadang memang cukup istimewa dalam rasanya.

Dalam survei berbeda, 54% dari 1.500 wisatawan yang pergi lintas negara merasa puas dengan makanan di pesawat. Sekitar 75% responden mengungkapkan, kualitas makanan di pesawat juga bertambah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Faktanya, makanan pesawat memang sangat menggiurkan sampai 43% responden langsung ‘ngiler’ saat melihat makanan orang di sebelahnya!

Dari situs Skyscanner yang dikutip detikTravel, Jumat (22/2/2013), berikut 5 maskapai bujet Eropa yang menyuguhkan makanan terlezat:

1. Pegasus

Pegasus adalah maskapai bujet asal Turki yang telah beroperasi lebih dari 20 tahun. Dari situs resminya, Pegasus mengaku maskapainya adalah yang paling tepat waktu di Turki. Pegasus beroperasi ke lebih dari 85 destinasi, ditambah codeshare dengan Air Berlin, Azerbaijan Airlines dan IZair.

Soal makanan di pesawat, bisa dibilang Pegasus memanjakan penumpangnya. Setidaknya 36 jam sebelum keberangkatan, traveler bisa memesan makanan sesuai selera untuk dinikmati di pesawat. Dari sarapan sampai makan malam, semuanya tersedia.

Ada Classic Breakfast yang terdiri dari croissant, 2 lembar daging ham, keju, dan buah segar. Ada juga Fruit Breakfast, Fruit & Chocolate lengkap dengan cokelat cair yang nikmat, juga Kids Menu untuk anak-anak.

Pegasus juga menyuguhkan beragam pilihan salad porsi besar mulai dari Sezar Salatasi, Mozarella Salad, sampai Salmon Salad. Untuk makan siang dan malam tersedia Roast Chicken Leg, Grill Beef Fillet, Mushroom Ravioli, juga Prawns & Tom Sauce.

2. Flybe

Flybe adalah maskapai asal Inggris berbasis di Southampton Airport. Maskapai ini mengoperasikan 180 rute di 65 bandara di seluruh Eropa. Terakhir, maskapai ini melakukan codeshare dengan Air France sehingga menjangkau lebih banyak destinasi.

Pada 2009 maskapai ini meraih penghargaan Air Transport World Regional Airline of the Year 2009 yang dianugerahkan di Washington DC. Dalam hal makanan, Flybe menyuguhkan beragam menu menggugah selera seperti sandwich, makanan ringan, dan beragam pilihan minuman panas maupun dingin dengan harga yang terjangkau.

3. Monarch

Sama seperti Flybe, maskapai Monarch juga berbasis di Inggris. Maskapai ini terkenal di kalangan traveler karena punya rute ke berbagai destinasi eksotis seperti Mediterania, Kepulauan Canary, Cyprus, Mesir, Yunani, dan Turki. Monarch juga punya pesawat pribadi yang bisa disewa ke berbagai destinasi di Eropa, AS, Karibia, Afrika dan India.

Pada 2008 maskapai ini menerima penghargaan Best Charter Airline oleh Telegraph Travel Awards. Di tahun yang sama, Monarch juga dianugerahi penghargaan Best Leisure Airline oleh British Travel Awards.

Traveler bisa memesan makanan 24 jam sebelum keberangkatan dengan tambahan biaya tentu saja. Beragam menu menggugah selera pun ditawarkan. Untuk sarapan misalnya, ada Traditional English Breakfast yang terdiri dari sosis, daging bacon, telur orak-arik, jamur kancing, dan kacang rebus. Ditambah jus jeruk, yogurt stroberi, buah-buahan segar, dan pilihan teh atau kopi.

Selain itu ada pula Vegetarian Breakfast yang tentunya lebih sehat, lengkap dengan yogurt tanpa lemak. Menu sarapan tersedia dalam penerbangan antara pukul 01.00 pagi sampai pukul 10.59 waktu setempat.

Makan siang tersedia untuk penerbangan jarak jauh, antara pukul 11.00 sampai 15.59 waktu setempat. Sedangkan makan malam tersedia mulai pukul 16.00 sampai 00.59 waktu setempat. Monarch punya menu yang sama untuk makan siang dan makan malam. Ada Regular Lunch Option, Vegetarian Lunch Option, dan Children’s Lunch Option. Menu makan siang untuk anak-anak lengkap dengan Double Chocolate Mousse atau Sticky Toffee Pudding sebagai makanan penutupnya. Nyam!

Sama seperti makan siang, ada beberapa menu untuk makan malam yakni Regular Dinner Option, Vegetarian Dinner Option, dan Children’s Dinner Option. Tak hanya itu, traveler juga bisa memilhi sandwich dan panini lezat dengan harga mulai dari 4 Euro (Rp 51.000).

4. easyJet

easyJet adalah maskapai asal Inggris yang berbasis di Bandara Gatwick, London. Ini adalah maskapai bujet terbesar se-Britania Raya selain Ryanair. easyJet punya 600 rute dan beroperasi ke lebih dari 30 negara. Bersama easyJet Switzerland, maskapai ini sekarang punya lebih dari 200 armada, didominasi Airbus A319.

Traveler bisa memilih beragam makanan di pesawat easyJet. Untuk makanan ringan ada Chocolate Brownie, Muffins, Mrs Crimble Giant Choco Macaroon, Two Toffee Waffle, juga Belgian Almond Thins. Harganya mulai dari 1,2-1,8 Euro (Rp 15-23 ribu).

Mau makanan yang lebih berat, ada 4 set menu yang bisa dipilih sesuai selera. Menu 1 misalnya, seharga 6,5 Euro (Rp 85.000) untuk segelas minuman panas dan sandwich porsi besar. Anda akan mendapat 1 bar cokelat Twix gratis.

5. Vueling

Vueling adalah maskapai bujet yang berbasis di Spanyol. Hub terbesarnya adalah di Bandara El Prat, Barcelona. Maskapai ini punya rute ke lebih dari 90 destinasi di Afrika, Asia, dan tentunya Eropa.

Soal makanan di pesawat, Vueling tak kalah dengan maskapai-maskapai sebelumnya. Traveler bisa memilih antara Sandwich Box berisi Firenze Sandwich atau Snack Box yang berisi Stockholm Wrap. Di dalamnya ada Ada juga aneka minuman panas seperti kopi dan teh, juga minuman dingin seperti bir.

Traveler yang doyan ‘ngemil’ bisa memesan Vueling Box. Isinya beragam camilan mulai dari biskuit, crackers, kacang, cokelat, juga roti dan selai. Vueling juga menyuguhkan Moscow Potato Salad, Chicken Soup dan Creamy Vegetable Soup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: